Forum Pesantren se-Jawa dan Madura Putuskan ISIS sama dengan Begal


Islamoderat.com ~ Forum Musyawarah Pondok Pesantren se Jawa-Madura di Ponpes Lirboyo, Kota Kediri, Jawa Timur, menyepakati gerakan radikal ISIS sama dengan kawanan begal. Forum Bahstul Masail yang diikuti para santri dari 100 ponpes ini mendasarkan keputusan pada Alquran, Hadist dan kitab-kitab yang menjadi dasar pendidikan pesantren salafiyah.

“Soal ISIS dan radikalisme global ada tiga putusan. Yakni ISIS sama dengan pemberontak, sama dengan begal dan ada perbedaan mereka kafir dan tidak kafir,” ujar Ketua Umum FMPP Gus Ibrahim A Hafidz kepada wartawan, Kamis (16/4/2015).

Ada 21 permasalahan yang dibahas. Forum membagi ke dalam tiga komisi dengan setiap komisi membahas tujuh permasalahan. ISIS masuk pembahasan Komisi A. Ada tiga pendapat soal ISIS yang dinilai menabrak ajaran Islam ahlus sunnah wal jama’ah.

Pertama dari aspek politik (siyasah). ISIS dianggap golongan ahlul baghyi (pemberontak). Kedua dari sisi ideologi (aqidah). Di sini terjadi perbedaan pendapat cukup sengit. Sejumlah santri mengatakan kafir. Sedangkan beberapa di antaranya menyatakan ISIS tidak kafir. Yang ketiga, mengacu sisi aksi (harokah). Gerakan ISIS dianggap seperti tindakan qutto’ut thoriq (begal/rampok).

sumber okezone