Inilah Fase Kehidupan Manusia


Islamoderat.com ~  Fase Kehidupan Manusia,- Setiap manusia mengalami 5 fase kehidupan; alam dzar, alam rahim, alam dunia, alam barzakh dan alam akhirat.

1. Alam Dzar.

Di Fase Kehidupan Manusia yang pertama ini Alloh mengambil sumpah manusia bahwasanya Dia adalah Tuhan manusia. Al-A’rof : 172

 وَإِذْ أَخَذَ رَبُّكَ مِنْ بَنِي آدَمَ مِنْ ظُهُورِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَأَشْهَدَهُمْ عَلَى أَنْفُسِهِمْ أَلَسْتُ بِرَبِّكُمْ قَالُوا بَلَى شَهِدْنَا
Artinya: Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi."

2. Alam Rahim

Fase Kehidupan Manusia yang kedua berada di dalam perut setiap ibu. Setiap manusia dikumpulkan penciptaannya di perut ibunya sebagai setetes mani selama empat puluh hari, kemudian berubah menjadi setetes darah selama empat puluh hari, kemudian menjadi segumpal daging selama empat puluh hari.

Kemudian diutus kepadanya seorang malaikat lalu ditiupkan padanya ruh dan dia diperintahkan untuk menetapkan empat perkara: menetapkan rizkinya, ajalnya, amalnya dan celaka atau bahagianya.

Demi Allah yang tidak ada ilah selain-Nya, sesungguhnya di antara kalian ada yang melakukan perbuatan ahli syurga hingga jarak antara dirinya dan syurga tinggal sehasta akan tetapi telah ditetapkan baginya ketentuan, dia melakukan perbuatan ahli neraka maka masuklah dia ke dalam neraka.

Sesungguhnya di antara kalian ada yang melakukan perbuatan ahli neraka hingga jarak antara dirinya dan neraka tinggal sehasta akan tetapi telah ditetapkan baginya ketentuan, dia melakukan perbuatan ahli syurga maka masuklah dia ke dalam syurga. (Riwayat Bukhari dan Muslim).

3. Alam Dunia

Fase Kehidupan Manusia yang ketiga adalah alam dunia. Setelah manusia berhasil melewati alam rahim, maka manusia telah memasuki tahap ketiga dari perjalanan hidupnya, yaitu; alam dunia.

Di sini manusia akan dicoba dengan berbagai ujian. Di sini pula manusia harus menjalankan tujuan di ciptakan manusia, yaitu beribadah. Adzdzariyat : 56

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
Artinya: Tidaklah aku ciptakan jin adan manusia kecuali untuk beribadah.

4. Alam Barzakh

Fase Kehidupan Manusia selanjutnya adalah alam barzakh. Alam barzakh adalah pemisah antara alam dunia dan alam akhirat. Alam ini biasanya disebut dengan alam kubur.

Di alam ini manusia akan didtangi oleh dua malaikat; Munkar dan Nakir. Keduanya akan mengajukan 4 pertanyaan; Siapa tuhanmu?; Siapa nabi mu?; Apa nama kitab sucimu?; Apa agamamu?

5. Alam Akhirat


Fase Kehidupan Manusia yang terahir adalah Alam akhirat yang juga di sebut dengan alam baka. Alam akhirat di dahului dengan terjadinya kiamat, di mana alam semesta menjadi rusak total. seluruh jagat raya ini akan hancur, entah seperti apa gambaran ketika semua ini terjadi.

Di akhirat, terdapat tiga tempat yang akan dipenuhi oleh manusia; padang mahsyar, surga dan neraka. Padang Mahsyar adalah tempat penghitungan amal (hisaban). Pada peristiwa ini seluruh ummat manusia mulai dari Nabi adam as sampai manusia terakhir di kumpulkan dalam satu tempat.

Di ahirat hanya ada dua tempat yaitu surga dan neraka. Surga adalah tempat orang beriman. Sedangkan neraka adalah tempat bagi Orang-orang kafir. Mereka semua akan kekal abadi di dalamnya.

Para penduduk surga akan mendapatkan kenikmatan yang tiada pernah berahir sebagaimana penduduk neraka akan mendapakan penderitaan yang kekal.

Jadi manusia senantiasa berpindah dari satu alam ke alam lain. Perpindahan ini disebut dengan Fase Kehidupan Manusia.

Oleh : Ust. Qasim Ibnu Aly