Jonru Sebarkan Hoax soal Wahabi dan Syi'ah di Facebook


Islamoderat.com ~ Jonru, nama yang bagi sebagian pengguna jejaring sosial sudah tidak asing. Ia lebih dikenal sebagai penebar fitnah dan hoax, meskipun masih ada pula yang mempercayaiya, khususnya dari kalangan kader partai tertentu. Beberapa waktu sebelumnya, namanya bahkan digunakan sebagai kata ganti orang yang suka memfitnah. Seperti "men-@jonru = menghalalkan fitnah ke pihak yg ga disukai"


Baru-baru ini, Jonru juga menyebarkan hoax terkait dengan yang pertama kali memberikan sebutan Wahhabi. Dari segi tradisi pemahaman Islam, boleh dibilang Jonru sebagai muallaf yang tercebur kepada pemahaman Wahhabi sehingga membelanya. 

"Jadi, tuduhan Wahhabi itu dalangnya adalah orang Syi'ah? Hm... #SyiahBukanIslam", tulis Jonru dijejarig sosial facebooknya disertai mengupload gambar Dr. Zakir Naik berisi tulisan yang juga tidak jelas sumbernya.  (23/4/2015)


Benarkah sebutan Wahhabi berasal dari Syi'ah?. Baca disini : Sebutan Wahhabi adalah Ciptaan Syi'ah?. Hoax Baru di SosmedKebohongan dan pengkaburan faktwa sejarah seperti ini kerap kali dilakukan oleh Wahhabi guna membersihkan sejarah hitam mereka di mata Ahlussunnah wal Jama'ah (Aswaja).

Baca: Hoax Yang Mendunia Ini Pernah Disebarkan Oleh Jonru

Kampanye #SyiahBukanIslam merupakan proyek kampenya Wahhabi yang secara membabi buta mengkafirkan Syi'ah. Dalam hal ini Jonru sebagai salah satu pelaksana proyek pengkafiran tersebut. Hal itu berbeda dengan pemahaman Aswaja (Ahlussunnah wal Jama'ah), dimana Aswaja memandang Wahabi maupun Syi'ah meskipun sesat dan menyesatkan tetapi masih terkategori sebagai bagian dari umat Islam.
 
SIAPA YANG PERTAMA KALI MEMBERI SEBUTAN WAHABI?
Yang pertama kali menyebut istilah Wahhabi adalah kakak kandung dari Muhammad bin Abdul Wahhab sendiri yaitu Syaikh Sulaiman bin Abdul Wahhab al-Najdi al-Hanbali. Beliau menulis kitab berjudul al-Shawaiq al-Ilahiyyah fi Raddi alal Wahhabiyah dalam rangka membantah dan meluruskan ajaran menyimpang adiknya itu. 

Cover kitab pertama yang membantah ajaran Wahhabi
الصواعق الالهية في الرد على الوهابية تاليف الشيخ سليمان بن عبدالوهاب النجدي,  شقيق محمد بن عبدالوهاب
Ash-Shawaiq Al-Ilahiyah fir Raddi ala Wahhabiyyah / Petir-Petir Ilahi Dalam Membantah Paham Wahhabi, karya Syaikh Sulaiman bin Abdul Wahhab al-Najdi, kakak dari Muhammad bin Abdul Wahhab.
Penamaan itu lalu dikuti oleh seluruh ulama Islam lainnya dalam membantah paham Syekh Muhammad bin Abdul Wahhab. Jadi, istlah / sebutan / penamaan Wahhabi bukan berasal dari Syi'ah, bukan berasal dari orang non-Islam, atau lainnya. Sebaliknya, berasal dari umat Islam, Ahlussunnah wal Jama'ah, pengikut madzhab Hanbali, dan dari keluarga sendiri yaitu Syaikh Sulaiman bin Abdul Wahhab. 


Oleh: Ibnu Manshur

LINK TERKAIT: