Komunitas Lembah Manah, Taman Baca dan Pesantren Budaya


Genuk-Semarang, Islamoderat.com ~  Model pendidikan asli Indonesia berbentuk pesantren dan taman siswa, para anak didik belajar karena keinginan dan kebutuhannya untuk menimba ilmu. Bukan karena sistem yang dibangun dengan sistem wajib belajar, karena anak didik sudah mengetahui bahwa belajar merupakan kewajiban bagi setiap individu. Pada peringatan Hari Buku ini, Pesantren Budaya Lembah Manah mulai mengenalkan dirinya dimana sebelumnya memiliki nama Rumah Pendidikan Sciena Madani, Rabu (23/4/2015)


Pesantren Budaya Lembah Manah didirikan untuk saling membantu dan menjadi pusat pendidikan tradisional yang menjaga nilai-nilai tradisi. Komunitas yang digagas Lukni Maulana didapat atas restu gurunya KH. Sulthon Abdul Hadi pengasuh Komplek AL-Hikmah Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Dimana ia pernah menjadi santri dipondok tersebut sebagaimana ajaran pondok pesantren yakni khairunnas anfa'uhum linnas, bahwa sebaik-baik manusia adalah mereka yang banyak manfaatnya bagi orang lain.

“Pada hari buku ini kami melaunching lesehan budaya, taman baca dan sms al-hikmah, tigal hal tersebut menyajikan untuk belajar kearifan lokal budaya kita, rajin membaca, menimba ilmu dan saling berbagi motivasi,” tutur Lukni Maulana

Sebelumnya bernama Sciena Madani yang berdiri sejak tahun 2004 dan telah melaksanakan berbagai kegiatan baik dibidang kebudayaan, pendidikan maupun sosial kemasyarakatan. Sedankan nama Pesantren Budaya Lembah Manah ini memiliki filosofi yan berarti; rendah hati atau menjadi hati yang tenang. Sebab kita adalah manusia yang tersesat dan selalu berdoa untuk ditunjukkan kepada jalan yang lurus.

“Budaya kita telah tergerus arus modernisasi sehingga kita dan bahkan anak-anak kita nanti bisa lupa akan kebudayaannya. Marilah saatnya kita lestarikan kebudayaan yang telah mengakar pada diri kita, sebab hal tersebut menjadi tanggungjawah kita bersama,” lanjut Lukni yang saat ini juga aktif di GP Ansor.

Bagi yang berminat dan tertarik bergabung di Pesantren Budaya Lembah Manah dapat langsung datang ke sekretariatnya di Jl. H. Abdul Rosyid Banjardowo Rt 2 Rw 6 Genuk Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah. Dapat dihubungi di Telp/Sms Center (082226788830), atau bergabung dijejaring sosial www.facebook.com/pblembahmanah, dengan alamat email: pblembahmanah@gmail.com dan portal www.lembahmanah.com.

Kontributor: Lembah Manah