Maria Al-Qibthiyyah, Istri Nabi Saw. dari Kristen Koptik


Islamoderat.com ~ Salah seorang Ummul Mukminin (Ibunda Orang-Orang Beriman) yang merupakan Istri Nabi Muhammad Saw. adalah Maria binti Syama’un atau Maria al-Qibtiyyah (مارية القبطية).

Maria al-Qibthiyyah merupakan seorang perempuan Kristen Koptik yang dikirimkan sebagai hadiah dari Muqawqis, penguasa Iskandariyah (Alexandria), kepada nabi Muhammad Saw. pada tahun 628. Saudaranya, Sirin, juga dikirimkan kepada Nabi Muhammad; Nabi Muhammad kemudian memberikannya kepada sahabat Hassan bin Tsabit.

Maria Al-Qibthiyyah juga dikenal sebagai "Ummu Ibrahim", sebab darinya lahir Ibrahim putra Nabi Muhammad Saw. Seluruh anak-anak Nabi Muhammad Saw berasal dari Sayyidah Khadijah kecuali Ibrahim, berasal dari Mari al-Qibthiyyah. Sayangnya, Ibrahim meninggal ketika masih kecil.

وخديجة: أمّ أولاد النبيّ- صلّى الله عليه وسلم- جميعا، إلا «إبراهيم» ، فإنه من «مارية القبطية» .
"Khadijah merupakan ibunda dari anak-anak Nabi Saw. seluruhnya kecuali Ibrahim, ia berasal dari istri Nabi yang bernama Maria al-Qibthiyyah". (Al-Ma'arif, Ad-Dainuri)

Maria tidak pernah menikah lagi setelah wafatnya Muhammad pada tahun 632 M, dan dia meninggal lima tahun kemudian. Hari kelahirannya sampai saat ini tidak diketahui. Juga, tidak ada sumber-sumber kuat yang menyebutkan usianya.

Oleh : Ibnu L' Rabasaa (berbagai sumber)