Menlu Minta Ulama NU Membantu WNI di Yaman


Islamoderat.com ~ Menteri luar Negeri Republik Indonesia, Retno L.P. Marsudi  mengirim utusan ke KH. Hasyim Muzadi untuk membantu warga Negara Indonesia yang ada di Yaman agar segera kembali ke Indonesia. Utusan Menteri Luar Negeri yang bernama Iqbal dan sedang menjabat di Deputi perlindungan WNI Depertemen luar negeri ini datang ke Al-Hikam Depok menjelaskan bahwa Negara Yaman saat ini di landa perang.

    Arab Saudi yang didukung Sembilan Negara melakukan serangan udara terhadap pemberontak Syiah Houthi di Yaman. Serangan Saudi itu bertujuan membela pemerintahan yang memiliki legitimasi, yakni Presiden Abdrabbuh Mansour Hadi. Operasi meliter Saudi sebagai bentuk pertolongan bagi Presiden Hadi yang meminta anggota Dewan Kerja sama Teluk (GCC) untuk melakukan intervensi. Anggota GCC seperti Bahrain, Kuwait, Qatar, dan Uni Emirat Arab sepakat memberikan bantuan.

    Saudi menyiagakan 100 pesawat dan 150.000 tentara untuk operasi militer di Yaman. Uni Emirat Arab mengirimkan 30 pesawat tempur untuk bergabung dalam operasi tempur, sedangkan Bahrain dan Kuwait mengirimkan empat kapal perang ke Yaman melalui Suez. Ledakan kuat terdengar di beberapa bagian kota itu ketika pesawat tempur Saudi menyerbu pangkalan udara, kantor pemberontak, dan gudang senjata Houthi.

    Oleh karena itu Menteri Luar negeri Indonesia berharap kepada Kyai Hasyim Muzadi untuk menghimbau kepada warga Indonesia khususnya para Kyai dan habaib  khususnya agar juga ikut menginformasikan agar WNI terutama para pelajar/santri yang ada di Yaman, Hadramaut agar pulang ke Indonesia.

    Saat ini masih pasukan udara yang bertempur, kalau sudah pasukan darat maka kondisi keamanan sudah sulit untuk dikendalikan, kata iqbal. Dari itu demi keselamtan WNI Deplu berharap agar mereka pulang ke Indonesia.   (HMS).