75 Negara Ikuti Musabaqah Al-Qur'an Internasional di Iran


Teheran, Islamoderat.com ~ Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Internasional di Ibukota Irahn, Teheran, dihadiri oleh Presiden Republik Islam Iran Hassan Rohani, sejumlah menteri, deputi parlemen Iran, duta besar dari negara-negara arab dan Islam, serta para penggiat Al-Qur'an dan peserta dari lebih 75 negara.

Sebagaimana dilaporkan kantor Berita Al-Qur'an Internasional (IKNA) dilansir Alalam.ir (15/5/2015).

Ketua Panitia Musaqabah Al-Qur'an Internasional ke-32 di Iran, Sheikh Ali Mohammadi, mengatakan kompetisi diadakan untuk variasi bacaan al-Qur'an dan penghafal al-Qur'an seluruhnya. Penutupan akan dilaksanakan pada Jum'1t 22 Mei. Kompetisi diikuti oleh 120 peserta dari 75 negara dengan 10 juri berasal dari luar negeri dan 12 juri dari Iran.

Mohammadi juga mengatakan bahwa Kamis (21) aka diselenggarakan seminar al-Buhuts al-Qur'aniyah (Pembahasan Al-Qur'an) ke-9  dan telah meneri 700 karya dari peneliti Iran dan negara-negara lainnya.

Sementara dilaporkan Tasnim Agency News, Hassan Rouhani dalam sesi pembukaan Musabaqah Al-Qur'an mengatakan bahwa salah satu faktor utama yang memberikan kontribusi terhadap persatuan dan kesatuan umat Islam adalah Al-Quran dan Tilawah kitab ilahi dengan bahasa wahyu ini, Islam berarti kasih sayang, persaudaraan, toleransi, kerjasama serta penolakan atas kekerasan dan ekstremisme. (im)