Indahnya Kebersamaan, Kelompok Yahudi dan Islam di Inggris Kerjasama Bakti Sosial


Islamoderat.com ~ Dua kelompok beragama di Inggris menciptakan dapur bersama dalam rangka mengentas kelaparan di Kota Nottingham, Inggris. Kedua kelompok penggagas dapur bersama tersebut adalah Salaam Shalom dan muslim kelompok muslim Himmah.


Salaam Shalom atau yang dikenal Sash adalah sebuah gerakan dari kelompok Yahudi Nottingham Liberal Synagogue bersama kelompok Muslim Himmah ini menggelar bakti sosial dengan membuka dapur bersama mulai pekan lalu.

Dapur umum ini didirikan di ruang bawah tanah sebuah gereja di Distrik Hyson Green. Para relawan terdiri dari pelbagai kalangan, tua-muda, ibu, hingga anak kecil. Acara ini telah melibatkan sebanyak 70 relawan hingga rabu lalu.

Ketua Pelaksana Karen Worth mengatakan, acara ini tercipta berkat semakin kuatnya jalinan persaudaraan kaum muslim Himmah dan komunitas Yahudi di kota ini. Kegiatan makan-makan ini sangat baik dalam mempererat hubungan antar kelompok, dan saling mengenal satu dan lainnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Himmah Sajid Mohammad mengatakan, kehadiran kedua kelompok beragama ini kami akan membuyarkan stigma negatif anti-muslim ataupun anti-yahudi yang sedang marak di Inggris sejak setahun lalu.

“Nottingham akan menjadi ‘rumah’ bagi kami, dan dalam momen berbahagia ini, kami akan menyerukan harapan tentang nilai kebersamaan,” ungkap Mohammad.

sumber pewartaekbis