Lakukan Pelecehan Seksual, 2 Pekerja Saudi Dipenjara 4 Tahun


Islamoderat.com ~ Dua pekerja Bandara Arab Saudi telah dipenjara  masing-masing selama 4 tahun dan akan didera 1.000 kali karena melakukan pelecehan seksual terhadap 2 remaja Iran, kata sebuah laporan, Rabu. Dilansir Ahram (10/6).

Situs berita Arab Sabq mengatakan pengadilan pidana di kota Laut Merah Jeddah mengeluarkan putusan tersebut.

Sementara pihak berwenang pada April lalu telah mulai proses hukum terhadap 2 petugas polisi tersebut atas tudingan "pelecehan seksual" terhadap 2 jamaah di bandara Jeddah, sebagaimana laporan media resmi pada saat itu.

Atas kasus tersebut, menteri kebudayaan Iran mengatakan bahwa negaranya telah menghentikan sementara kunjungan ke tempat-tempat suci umat Islam di Arab Saudi "sampai pelaku kejahatan itu diadili dan dihukum".

Media Iran melaporkan bahwa insiden tersebut terjadi saat pemuda itu tengah bersiap untuk kembali ke rumah mereka setelah ber-ziarah ke Mekah dan Madinah pada akhir Maret lalu.

Sekitar 500.000 warga Iran melakukan umrah, atau haji kecil, setiap tahunnya.

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi berjanji bahwa sistem hukum Islam kerajaan akan "menjamin hukuman berat bagi pelaku kejahatan jenis ini, yang dikutuk oleh semua lapiran masyarakat Muslim Arab".

Ketegangan antara Arab Saudi dan rivalnya Syiah Iran telah meningkat sejak akhir Maret lalu ketika kerajaan Arab Saudi mulai memimpin koalisi Arab dalam serangan udara terhadap pemberontak Syiah yang didukung Iran di negara tetangganya, Yaman.

red. Ibnu Manshur