Pesan Nabi kepada Mu'adz agar Rutin Baca Do'a Ini setelah Shalat


Islamoderat.com ~ Dzikir setelah shalat merupakan salah satu perkara sunnah yang dianjurkan dan telah bisa dilakukan oleh kaum umat Islam.

Selain berbagai dzikir yang telah diamalkan setelah shalat, ada bacaan do'a yang juga disunnahkan, bahkan Nabi Muhammad Saw pernah berpesan kepada salah seorag sahabatnya bernama Mu'adz bin Jabal agar tidak meninggalkan do'a tersebut.

Do'a yang dimaksud adalah اَللّهمَّ اَعِنِّيْ عَلىَ ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ . Dalam sebuah hadits disebutkan.

عن معاذ بن جبل ان النبي صلى الله عليه و سلم قال له يا معاذ اني والله لاحبك فلا تدع دبر كل صلاة ان تقول اَللّهمَّ اَعِنِّيْ عَلىَ ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ أَخْرَجَهُ أَبُو داود والنسائي وصححه ابن حبان والحاكم
“Dari Mu’adz bin Jabal, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda kepadanya: “Wahai Mu’adz, demi Allah aku benar-benar mencintaimu. Maka janganlah kamu tinggalkan setiap selesai shalat untuk berkata: “Ya Allah, tolonglah aku untuk berdzikir kepada-Mu, bersyukur dan beribadah dengan baik kepada-Mu.”

Hadits diatas diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud 2/115, al-Nasa’i 3/53 dan dishahihkan oleh Ibnu Hibban 5/364-366 dan al-Hakim 1/273 dan 3/273).

Dalam hadits di atas secara jelas sekali mengandung perintah membaca doa tersebut setiap selesai shalat maktubah secara rutin.

Oleh : Ibnu L' Rabassa