Islam Moderat Menjadi Formula Ajaib Hadapi Kemajemukan Dalam Beragama di Indonesia

Indonesia merupakan sebuah negara dengan total penduduk muslim terbesar di Dunia. Dimana setiap penduduknya mempunyai tradisi dan budaya yang berbeda-beda di setiap daerah. Sebab perbedaan yang sangat kompleks tersebut menjadi penting apabila dibuat suatu landasan berfikir yang logis tentang cara menyikapi gejolak sosial dalam beragama. 

Kemudian timbul pertanyaan seperti ini : Mengapa harus dibuat landasan yang logis?

Jawabannya simple saja "kita tahu bahwa indonesia adalah Negara Islam dengan penduduk terbanyak di dunia, perbedaan tradisi yang kompleks melahirkan problematika baru seperti perbedaan pola pikir dalam beragama. Hal ini menjadi penting karena dengan adanya fenomena perbedaan sikap yang kompleks dapat menyebabkan perselisihan antar umat islam di Indonesia. maka dari itu untuk menghindari hal tersebut diperlukan ide atau gagasan baru yang segar yang dapat diterima oleh seluruh umat islam di indonesia yang mempunyai kultur budaya sangat majemuk ini ".

Lalu apa solusi terbaik untuk mengatasi problematika ini?

Solusinya yaitu dengan menerapkan (ISLAM MODERAT).

APA ITU ISLAM MODERAT?

ISLAM MODERAT  adalah islam yang bersifat universal, tidak condong kepada  golongan kiri seperti liberal, tidak pula kepada golongan kanan seperti fanatisme beragama. Islam moderat berupa konsep yang berdiri di tengah-tengah tidak kekiri maupun kekanan.  Seperti dalam firman Allah SWT disebutkan yang artinya, “Dan demikianlah Aku (Tuhan) jadikan kalian umat yang “wasat” (adil, tengah-tengah, terbaik) agar kalian menjadi saksi (syuhada’) bagi semua manusia, dan agar Rasul (Muhammad SAW) menjadi saksi (syahid) juga atas kalian.” (Q. S. Al-Baqarah:143). Umatan wasathan dalam ayat tersebut berarti “golongan atau agama tengah”.

BEBERAPA PRINSIP ISLAM MODERAT

*sebenernya ada sembilan prinsip dalam konsep Islam Moderat tetapi yang akan saya share ke kalian yang intinya saja ya, yang menurut admin sangat penting yaitu

1. Toleransi
2. Pluralisme
3. Non diskriminasi
4. Kesetaraan

Untuk pengertian dari masing-masing prinsip diatas, admin rasa kalian sudah lebih tau jadi tidak saya kasih pengertiannya hhe....

Mungkin sekian sedikit pengertian dari islam moderat yang dapat saya share ke kalian....

Trimaksih 
Semoga Bermanfaat





Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Islam Moderat Menjadi Formula Ajaib Hadapi Kemajemukan Dalam Beragama di Indonesia"

Post a Comment